Thursday, January 31, 2013

Ucapan Selamat Tahun Baru dalam Berbagai Bahasa



SELAMAT TAHUN BARU DALAM BERBAGAI BAHASA DUNIA
AFRIKAANS gelukkige nuwejaar
ALBANIAN Gëzuar vitin e ri
ALSATIAN e glëckliches nëies / güets nëies johr
ARABIC aam saiid / sana saiida
ARMENIAN shnorhavor nor tari
AZERI yeni iliniz mubarek
BAMBARA bonne année
BASQUE urte berri on
BELARUSIAN З новым годам (Z novym hodam)
BENGALI subho nababarsho
BERBER asgwas amegas
BETI mbembe mbu
BOBO bonne année
BOSNIAN sretna nova godina
BRETON bloavezh mat / bloavez mad
BULGARIAN честита нова година (chestita nova godina)
BURMESE hnit thit ku mingalar pa
CANTONESE kung hé fat tsoi
CATALAN bon any nou
CHINESE xin nian kuai le / xin nian hao
CORSICAN pace e salute
CROATIAN sretna nova godina
CZECH šťastný nový rok
DANISH godt nytår
DUTCH gelukkig Nieuwjaar
ESPERANTO felicxan novan jaron
feliæan novan jaron (Times SudEuro font)
ESTONIAN head uut aastat
FAROESE gott nýggjár
FINNISH onnellista uutta vuotta
FLEMISH gelukkig Nieuwjaar
FRENCH bonne année
FRISIAN lokkich neijier
FRIULAN bon an
GALICIAN feliz aninovo
GEORGIAN გილოცავთ ახალ წელს (gilocavt akhal tsels)
GERMAN ein gutes neues Jahr / prost Neujahr
GREEK kali chronia / kali xronia
eutichismenos o kainourgios chronos (we wish you a happy new year)
GUJARATI sal mubarak
GUARANÍ rogüerohory año nuévo-re
HAITIAN CREOLE bònn ané
HAWAIIAN hauoli makahiki hou
HEBREW shana tova
HINDI nav varsh ki subhkamna
HMONG nyob zoo xyoo tshiab
HUNGARIAN boldog új évet
ICELANDIC farsælt komandi ár
INDONESIAN selamat tahun baru
IRISH GAELIC ath bhliain faoi mhaise
ITALIAN felice anno nuovo, buon anno
JAVANESE sugeng warsa enggal
JAPANESE akemashite omedetô
KABYLIAN asseguèsse-ameguèsse
KANNADA hosa varshada shubhaashayagalu
KAZAKH zhana zhiliniz kutti bolsin
KHMER sur sdei chhnam thmei
KIRUNDI umwaka mwiza
KOREAN seh heh bok mani bat uh seyo
KURDE sala we ya nû pîroz be
LAO sabai di pi mai
LATIN felix sit annus novus
LATVIAN laimīgu Jauno gadu
LIGURIAN feliçe annu nœvu / feliçe anno nêuvo
LINGALA bonana / mbula ya sika elamu na tonbeli yo
LITHUANIAN laimingų Naujųjų Metų
LOW SAXON gelükkig nyjaar
LUXEMBOURGEOIS e gudd neit Joër
MACEDONIAN srekna nova godina
MALAGASY arahaba tratry ny taona
MALAY selamat tahun baru
MALTESE is-sena t-tajba
MAORI kia hari te tau hou
MARATHI navin varshaachya hardik shubbheccha
MONGOLIAN shine jiliin bayariin mend hurgeye (Шинэ жилийн баярын мэнд хvргэе)
MORÉ wênd na kô-d yuum-songo
NORWEGIAN godt nyttår
OCCITAN bon annada
PERSIAN sâle no mobârak
POLISH szczęśliwego nowego roku
PORTUGUESE feliz ano novo
ROMANCHE bun di bun onn
ROMANI bangi vasilica baxt
ROMANIAN un an nou fericit / la mulţi ani
RUSSIAN С Новым Годом (S novim godom)
SAMOAN ia manuia le tausaga fou
SANGO nzoni fini ngou
SARDINIAN bonu annu nou
SCOTTISH GAELIC bliadhna mhath ur
SERBIAN srećna nova godina
SHIMAORE mwaha mwema
SHONA goredzwa rakanaka
SINDHI nain saal joon wadhayoon
SINHALA suba aluth avuruddak vewa
SLOVAK stastlivy novy rok
SLOVENIAN srečno novo leto
SOBOTA dobir leto
SPANISH feliz año nuevo
SRANAN wan bun nyun yari
SWAHILI mwaka mzuri / heri ya mwaka mpya
SWEDISH gott nytt år
SWISS-GERMAN es guets Nöis
TAGALOG manigong bagong taon
TAHITIAN ia orana i te matahiti api
TAMIL iniya puthandu nalVazhthukkal
TATAR yaña yıl belän
TELUGU nuthana samvathsara subhakankshalu
THAI สวัสดีปีใหม่ (sawatdii pimaï)
TIBETAN tashi délek
TURKISH yeni yiliniz kutlu olsun
UDMURT Vyľ Aren
UKRAINIAN Z novym rokom
URDU naya saal mubarik
UZBEK yangi yilingiz qutlug’ bo’lsin
VIETNAMESE Chúc Mừng Nǎm Mới / Cung Chúc Tân Niên / Cung Chúc Tân Xuân
WALOON (“betchfessîs” spelling) bone annéye / bone annéye èt bone santéye
WELSH blwyddyn newydd dda
WEST INDIAN CREOLE bon lanné
WOLOF dewenati
YIDDISH a gut yohr


Read more ►

Tradisi Tahun Baru di Berbagai Belahan Dunia

Brazil
Masyarakat Brazil mengenal sosok, Lemanja, dewa laut dalam legenda negara ini. Setiap malam tahun baru, masyarakat Brazil menyelenggarakan ritual untuk menghormati Lemanja. Nah, di tengah malam pergantian tahun, dengan mengenakan baju putih bersih, masyarakat Brazil bakal berbondong-bondong menuju pantai. Mereka menabur bunga di laut, ngubur mangga, pepaya & semangka di pasir pantai sebagai tanda penghormatan terhadap sang dewa.

Jerman
Menurut kepercayaan orang Jerman, kalo mereka makan sisa hidangan pesta perayaan New Year's Eve di tanggal 1 Januari, mereka nggak akan mengalami kekurangan pangan selama setahun penuh. Di Berlin, makanan klasik yang biasa disajiin di hari istimewa ini ialah ikan mas. Yang unik, duri ikan mas tersebut akan dibagiin ke para tamu untuk dibawa pulang sebagai good luck charm

Yunani
Menurut orang Yunani buah delima melambangkan kesuburan dan kesuksesan. Jadi, tiap tanggal 1 Januari, mereka menebarkan biji buah delima ke arah pintu rumah, toko & perkantoran, sebagai simbol doa agar hidup makmur sepanjang tahun baru.

Italia
Di Naples, salah satu kota di Italia ada suatu kebiasaan untuk melemparkan barang-barang yang sudah usang atau nggak kepakai lagi ke luar jendela tepat pada pukul 24:00 di tanggal 1 Januari. Jadi, kalo agan berjalan-jalan di Naples besok paginya, jangan heran menemukan banyak peralatan dapur, lemari es & barang-barang rongsokan tersebar di jalanan. Wah, pemulung panen nih

Spanyol
Tepat tengah malam di tanggal 31 Desember, orang-orang Spanyol biasanya makan anggur dan berdoa. Jumlah anggur yang dimakan cuma 12 biji, dengan maksud untuk 12 harapan pada setiap 12 bulan di tahun yang baru.

Jepang
Tiap tahun baru, orang Jepang akan menikmati makanan yang terdiri dari tiga jenis makanan awetan yaitu telur ikan, sebagai simbol kemakmuran; ikan sardin asap biasa disebut tatsukuri, yang berarti tanah yang subur; dan manisan tumbuhan laut yang merupakan simbol perayaan.

Korea
Orang Korea mempunyai sapaan akrab di setiap tahun baru "Sudahkah Anda makan Thuck-Gook?". Nah, kalo menurut kepercayaan orang Korea, kalo pada saat malam pergantian tahun menyantap kaldu daging sapi dengan potongan telur dadar dan kerupuk nasi atau thuck gook, maka mereka nggak akan bertambah tua tahun itu. Heh?! Buat yang pingin awet muda, bisa makan ini nih,,

Indonesia
Petasan / kembang api
Biar dikasih larangan sebagaimanapun, tetep aja tiap ada perayaan/hajatan, petasan / kembang api pasti ada. Emang sih bahaya gan, tapi pasti agan setuju deh kalo pesta nggak ada petasan/kembang api, berasa nggak meriah apalagi petasan/kembang api sekarang keren-keren.

Terompet
kayanya nggak afdol kalo ngerayain tahun baru tanpa terompet. Biasanya menjelang tengah malam, di sepanjang jalan, terompet rame dibunyiin dimana-mana. Bukan Cuma anak kecil yang bunyiin, yang dewasa juga mainin.. ngaku deh, pasti pernah juga suka main terompet
sekarang bentuk terompet macam-macam, unik & lucu..harganya apalagi....yah, gak ada salahnya sih, itung-itung kasih rezeki ke pedagang terompet setahun sekali
Tukar kado
Tidak tahu sejak kapan tradisi tukar kado tiap tahun baru ini dimulai. Yang pasti. Biar seru, biasanya nominal harga kado ditentuin & ditentuin syarat-syaratnya. banyak yang bisa jadi bahan pertimbangan, seperti mulai dari pocer makan siang di kantin kantor ampe celengan ayam yg isinya duit receh

Bbq-an
Ini pilihan yang paling okeh, daripada ngerayain pergantian tahun di hotel yang pasti tarif rate-nya setinggi langit atau macet-macetan di jalan, mending di rumah aja bareng keluarga & teman-teman, makan-makan & kumpul-kumpul.


source: http://bayusp.blogspot.com/2010/12/tradisi-tahun-baru-dari-berbagai-negara.html
Read more ►

7 Tradisi Tahun Baru nan Unik

Seperti pepatah "Lain lubuk lain ikannya", begitu pula ragam perayaan menyambut tahun baru di berbagai negara dengan tradisinya masing-masing. Di antaranya, bisa terlihat seperti di bawah ini.

1. Bola Api Viking (Scotlandia)

Setiap tanggal 31 Desember, di Scotlandia berlangsung festival tahunan "Festival of Hogmanay". Semua lelaki dewasa banyak yang jadi peserta, dan mereka berparade melalui jalan-jalan utama sambil memegang suluh.

Walhasil, bola-bola api memenuhi udara Scotlandia sepanjang malam tutup tahun tersebut. Festival ini merupakan tradisi turun-temurun sejak jaman bangsa Viking menguasai Skandinavia.

Mereka percaya bola-bola api tersebut sebagai lambang pemurnian serta pengharapan pada kembalinya matahari menyaput musim dingin agar cepat berlalu.


2. Pecahkan Piring di Rumah Tetangga (Denmark)

Warga Denmark punya tradisi unik lain lagi, yaitu memecahkan piring dengan melemparkannya ke pintu di rumah tetangga mereka. Tradisi ini sudah meluas di seluruh Denmark sehingga tak ada satu orang pun yang mengeluh atau memarahi sang pelaku.

Kepercayaan tersebut guna mendapat keberuntungan selama setahun. Makanya, bagi keluarga yang paling banyak memecahkan berbagai benda pecah-belah di pintu tetangga, merekalah yang dipercaya paling banyak mendapat keberuntungan.


3. Berbicara pada Roh (Mexico)

Berbicara pada roh-roh merupakan kepercayaan yang melekat erat pada penduduk Mexico, dan malam tahun baru diyakini sebagai saat paling tepat untuk berkomunikasi dengan roh-roh orang mati sebagai cara mendapat pesan tertentu, atau petunjuk akan masa depan.

Akhirnya, tradisi ini jadi lahan bisnis tahunan. Contohnya, di Taos Inn, sebuah penginapan di New Mexico menawarkan paranormal yang siap jadi penghubung dengan dunia roh. Satu sesi selama 15 menit ini dihargai 15 US Dollar.


4. Daun Mistletoe Pengharap Jodoh (Irlandia)

Di Irlandia, daun mistletoe kerap digunakan oleh wanita yang ingin cepat dapat jodoh. Biasanya saat malam pergantian tahun, gadis-gadis lajang tersebut menaruh beberapa helai daun mistletoe di bawah bantal sehingga 'pangeran pujaan hati' bisa cepat datang melamar mereka.

Selain itu, mereka juga percaya kebiasaan ini untuk menjauhkan dari nasib sial di tahun yang baru menjelang.

Daun mistletoe adalah daun yang sering digunakan sebagai hiasan pada perayaan Natal. Pohon ini sebenarnya tumbuhan parasit dari ordo Santalales yang terdiri dari keluarga Santalaceae, Loranthaceae, dan Misodendraceae.


5. Bakar Orang-Orangan Sawah (Ekuador)

Nyaris serupa dengan tradisi warga Skotlandia, di Equador juga merayakan tahun baru dengan api. Namun, di negara Amerika Latin ini, api digunakan untuk membakar Orang-Orangan Sawah (Scarecrows) yang biasanya terbuat dari kumpulan kertas koran dan bilah-bilah kayu.

Pembakaran dilakukan tepat tengah malam, jam "00:00" saat pergantian tahun, dan dilakukan hampir di tiap-tiap rumah. Mereka percaya, dengan membakar Orang-Orangan Sawah, maka terbakar habislah semua hal buruk selama setahun yang lewat.

Orang-orangan Sawah tersebut juga dipercaya membuat takut nasib sial, sehingga tahun yang baru bisa membawa keberuntungan dan kebahagiaan.


6. Bertahun Baru di Pemakaman (Chile)

Di Chile, tepatnya di Talca ada tradisi unik setiap pergantian tahun. Warga Talca merayakan tahun baru bersama keluarga mereka yang sudah meninggal. Karenanya, setiap jam 23.00 Walikota Talca membuka gerbang pemakaman utama di Talca.

Saat itulah penduduk berdatangan dengan iringan musik klasik dan kerlip lampu yang temaram sebagai pelengkap acara. Tradisi ini mengandung kepercayaan, bahwa orang yang sudah meninggal telah menunggu keluarganya dan harus memulai tahun yang baru bersama mereka.


7. Underwear Warna-Warni (Brazil)

Sebenarnya perayaan ini tidak hanya berlaku di Brazil, tapi juga hingga Bolivia dan Mexico. Penduduk Amerika Latin percaya, dengan mengenakan pakaian dalam (underwear) warna-warni saat malam tahun baru akan membuat nasib baik menghampiri mereka sepanjang tahun.

Biasanya yang digunakan adalah warna-warna menyala seperti merah atau kuning. Warna merah melambangkan kehidupan penuh cinta bakal terus menghampiri. Sementara warna kuning untuk meraih kemakmuran lebih mudah.

Wah, rasanya perayaan tahun baru di Brazil dan negara Amerika Latin sekitarnya ini paling menggiurkan, ya.



Read more ►

Tuesday, January 29, 2013

10 Ramalan Kiamat Yang Akhirnya Gagal!

Jumat (21/12) kemarin bisa dibilang sebagai salah satu hari yang paling dinantikan oleh orang di seluruh dunia. Beberapa orang menanti dengan penasaran, yang lain menanti dengan ketakutan. Namun juga ada yang bersikap tak peduli.

Bukan tanpa alasan, karena akibat penghitungan kalender suku Maya yang berakhir pada 21 Desember 2012, banyak sekali pihak di dunia yang menganggap bahwa kemarin itu adalah hari akhir dunia, bahkan sampai menjadi inspirasi untuk film 2012.

Tapi tenang saja, kini kamu sudah sampai di hari Sabtu (22/12) yang lambat laun membuat banyak orang tak percaya dengan kiamat ala suku Maya itu. Tak hanya sekali ini saja, dunia memang sudah seringkali mendapat ramalan kiamat yang rupanya tak ada yang terjadi. Apa saja ya ramalan-ramalan kiamat yang akhirnya gagal itu?


1. Ayam Peramal dari Leeds: 1806

Banyak kitab suci yang menyebutkan bahwa ketika kiamat tiba, maka akan ada nabi yang turun ke Bumi. Namun, mungkin 'nabi' yang paling aneh adalah seekor ayam petelur asal kota Leeds, Inggris pada tahun 1806 silam. Ayam ini awalnya disangka menghasilkan telor yang bertuliskan 'Kristus akan datang'. Dengan semakin banyak orang yang percaya kiamat benar-benar tiba dan membuat seseorang penasaran mengawasi sang ayam saat bertelor. Hasilnya? Dia melihat ada seorang penipu yang menuliskan kalimat itu di telor si ayam.

2. Kaum Millerite: 23 April 1843
Seorang petani Inggris bernama William Miller yang sudah bertahun-tahun mempelajari Alkitab menyimpulkan secara bebas dengan penafsiran pribadinya bahwa Tuhan memilih menghancurkan dunia antara 21 Maret 1843-21 Maret 1844. Miller bahkan memiliki pengikut yang bernama Millerite yang meyakini kiamat pada 23 April 1843. Banyak yang percaya sampai mengorbankan banyak harta mereka, namun ketika menyadari Tuhan mereka tak pernah tiba, perkumpulan itu kini dibubarkan dan mereka membentuk gerakan yang dikenal dengan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh.

3. Armageddon/Kiamat kaum Mormon: 1891 atau sebelumnya
Pendiri gereja Mormon bernama Joseph Smith mengadakan rapat gereja pada Februari 1835 untuk memberitahu bahwa dia baru saja berbicara dengan Tuhan. Selama berbincang dengan Tuhan (atau entah siapa), Smith menyatakan bahwa Yesus akan turun ke bumi dalam waktu 56 tahun ke depan dan masa akhir zaman segera dimulai. Apakah terjadi?

4. Komet Halley: 1910
Tahun 1881 seorang astronom dari analisa spektral menemukan ekor komet mengandung gas mematikan yang disebut cyanogen (dari asal kata sianida). Awalnya biasa saja, sampai seseorang menyadari bahwa orbit komet yang dinamakan Halley ini akan bersentuhan dengan orbit Bumi di tahun 1910. Setelah banyaknya kecemasan publik karena menduga gas beracun itu bisa membuat banyak orang mati dan ras manusia musnah, para ilmuwan menjelaskan bahwa tak ada yang perlu dikhawatirkan akan kiamat yang tak terjadi itu.

5. Pat Robertson: 1982
Pada Mei 1980, Televangelis dan pendiri Koalisi Kristen, Pat Robertson secara mengejutkan (dan gila) menyatakan dalam acara TV, 700 Club kepada seluruh penonton bahwa dia tahu kapan kiamat terjadi (yang sebetulnya di seluruh kitab suci agama menyebutkan bahwa tak ada makhluk hidup dan malaikat yang tahu kapan kiamat kecuali Tuhan Yang Maha Esa). Dengan tegasnya Robertson menyatakan bahwa pada tahun 1982 akan terjadi kiamat, hasilnya? Kamu masih bisa hidup sampai 2012 bukan?

6. Heaven's Gate: 1997
Pada tahun 1997, sempat ada komet Hale-Bopp yang muncul bersamaan dengan isu gila bahwa ada UFO yang mengikutinya. Kedatangan komet itu ditutupi oleh NASA dan komunitas astronomi, meski dugaan itu dibantah para astronom (dan orang waras lainnya). Rumor itu menginspirasi suatu perkumpulan Heaven's Gate yang percaya bahwa UFO itu yang akan membawa mereka menghindari akhir dunia. Hasilnya memang dunia 39 orang itu berakhir karena bunuh diri dengan pemahaman bahwa roh mereka dijemput oleh UFO itu pada 26 Maret 1997.

7. Kedatangan Abad Baru: 2000
Ketika abad lalu hampir berakhir, maka pergantian milenium tahun 2000 memang sempat membuat banyak isu kiamat. Beberapa di antaranya adalah komputer yang dianggap bisa membuat kiamat serta pengarang buku 5/5/2000 Ice: the Ultimate Disaster, Richard Noone di tahun 1997 yang meyakini bahwa massa es di Antartika akan menjadi setebal 3 mil pada 5 Mei 2000. Anehnya, tanggal itu tepat dengan sejajarnya planet-planet di tata surya. Namun faktanya yang terjadi adalah ketika tanggal itu berlalu sampai 12 tahun sekarang, Bumi belum beku.

8. Nostradamus: Agustus 1999
Karya tulis Michel de Nostradame yang memang membingungkan dengan banyaknya kalimat metaforis itu menarik perhatian banyak orang selama lebih dari 400 tahun. Beberapa ramalannya dianggap tepat termasuk salah satunya, "Tahun 1999, bulan ketujuh. Dari langit datang raja besar teror," yang membuat orang berpikir akan kiamat yang terjadi. Tapi, mungkin sepertinya Nostradamus melakukan kesalahan karena itu tak terjadi.

9. God's Church Ministry: Musim gugur 2008
Ronald Weinland, pendeta dari God's Church menyatakan bahwa kiamat akan tiba (lagi). Bukunya 2008: God's Final Witness yang diterbitkan pada 2006 menyebutkan bahwa akan ada ratusan juta orang meninggal pada akhir 2006, tulisannya yang terkenal seperti, "Paling lama hanya akan ada 2 tahun tersisa sebelum dunia mengalami waktu paling terburuk sepanjang sejarah manusia. Musim gugur 2008 nanti Amerika akan tumbang sebagai negara berkuasa dan tak akan jadi negara merdeka lagi. Ronald Weinland mempertaruhkan reputasinya sebagai nabi akhir zaman Tuhan," Dan apakah terbukti? Oh jangan buang-buang waktu untuk memikirkannya.

10. Harold Camping: 2011
Pendeta aliran Kristen Evangelis ini memperingatkan umat manusia di dunia untuk menghadapi kiamat yang akan datang pada Jumat, 21 Oktober 2011 lalu. Peramal kiamat asal California ini sudah dua kali salah memprediksi datangnya kiamat. Pertama Harold Camping memperkirakan kiamat pada 6 September 1994 dan 21 Mei 2011. Salah tiga kali, Camping akhirnya bertobat. Bahkan Camping terkena stroke ringan, apakah merupakan karma dari Tuhan?
 
 
Read more ►

Ketika Foto Jaman Perang Dunia II Disatukan Dengan Jaman Sekarang



Sejarah sering dianggap sebagai subjek mengerikan - yang sering kita anggap tidak menghargai adalah bagaimana sejarah berhubungan dengan keadaan kita sekarang. Sejarawan Belanda Jo Hedwig Teeuwisse mencoba untuk menunjukkan bahwa sangat harfiah dengan Ghosts of War nya foto seri, di mana ia memadukan hari ini dan gambar asli Perang Dunia II dari tempat yang sama menjadi satu.

Jo menghabiskan berjam-jam mencari lokasi dan mengambil gambar yang sesuai dengan aslinya, dan kemudian diolah dengan Photoshop, untuk menggabungkan keadaan masa perang ke keadaan saat ini.

"Saya mencoba untuk membuat orang sadar bahwa sejarah ada di sekitar kita. Bahwa di mana Anda tinggal, bekerja atau pergi ke sekolah, begitu orang berjuang, mati atau hanya mengalami kehidupan yang berbeda. Kami adalah sejarah, sejarah adalah kita" katanya.

Proyek ini mengingatkan saya kepada Blend Shawn Clover dari Gempa 1.906 San Francisco. Yang terakhir ini mungkin secara teknis baik, namun Jo memilih tema yang lebih populer - Perang Dunia II. Ini mungkin salah satu alasan gambar Jo menjadi jauh lebih populer daripada Shawn.

Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah beberapa dari gambar dari seri ini foto indah.
"Kapten WH Hooper, yang memerintahkan anak buahnya mengelilingi blok tawanan Jerman. Blok mengambil arah selatan, akan bergabung dengan kamp-kamp POW terletak di dataran tinggi dari gunung Roule , dekat lahan Fieffe. "


“Rue Armand Levéel à Cherbourg.”

“Corner covered, 1943, Acireale, Sicily”


"Pasukan Amerika di pusat Cherbourg lewat di bawah balkon dengan bendera Inggris, Amerika dan Perancis."


"Perancis, 1944. Rue des Fossés Plissons à Domfront (Orne). Tentara Jerman menyerah. "


"Di La Madeleine, sebuah dusun kota Sainte Marie du Mont, Pantai Utah. Sekelompok ahli ledakan AS meninggalkan kapel. "


"Kendaraan Sekutu berkendara melewati Istana Noordeinde, Den Haag, (may 1945)"


"Tentara Jerman berjalan kembali ke Jerman setelah menyerah, mereka berjalan melewati seorang pria dengan bendera Belanda. The Hague, 1945."


"Tentara Sekutu berjalan menuju pusat kota Eindhoven, 18 September 1944, Frankrijkstraat Eindhoven."
 


"Pada Mei 7 (2 hari setelah kapitulasi Jerman) ribuan orang Belanda menunggu pembebasan tiba di alun-alun Dam di Amsterdam ... Kemudian untuk beberapa alasan 
senapan mesin Jerman ditempatkan di balkon dan mulai menembak ke kerumunan ... Itu selalu mengingatkan mengapa hal itu terjadi, hal yang menyedihkan bahwa di ambang kedamaian 120 orang luka parah dan 22 meninggal dunia. "


"Auschwitz I, 27 Januari 1945. Tentara Rusia dengan para tahanan dari Blok 19, yang dikarantina di bagian medis kamp. "


"Saint Marcouf (Manche)"


"Orang-orang sedang menunggu para tentara pembebas. (May 1945)"


"Penjaga toko berdiri di depan tokonya."


"Sekelompok warga sipil dan GI di depan kantor notaris Trévières Octave Jalan Mirbeau. Pintu masuk yang dihiasi dengan bendera Perancis dan sekutu."


"Rue Dom Pedro, warga sipil dan tentara Amerika meruntuhkan tanda yang menunjukkan markas organisasi Todt di Cherbourg."
 
 
Read more ►
 

Copyright © Kumpulan Berita Unik Di Dunia Powered by Blogger