Saturday, November 10, 2012

Peta Kota Bawah Air Pada Zaman Yunani Kuno

Sebuah tim dari University of Sydney (Sydney, Australia) Fakultas Teknik Teknologi dan Informasi telah memenangkan penghargaan tertinggi dalam kompetisi Pencitraan Ekstrim Canon Australia atas upaya yang mereka lakukan dalam membuat peta digital dan merekonstruksi sebuah kota bawah air milik Yunani kuno.


Ariell Friedman, seorang mahasiswa PhD teknik dibawah pengawasan Profesor Stefan Williams dan Dr Oscar Pizarro di Pusat Universitas Australia membuat team Robotika Field. Ariell Friedman bersama timnya berhasil memenangkan hadiah untuk katagori mendokumentasikan pencitraan penggalian di Pavlopetri dalam format gambar 3D.

Untuk melakukan hal itu, tim robotika laut bekerja di lokasi di Pavlopetri, kota tertua yang terendam dibawah air, kota tersebut terletak di lepas pantai wilayah selatan Laconia Yunani. Di sana, terdapat artefak dan struktur yang terendam kurang lebih empat meter di dalam air sejak 5000 tahun silam.

Pekerjaan yang dilakukan Ariell Friedman tidak hanya terlibat dalam operasi penyelaman, tetapi juga memodifikasi dan memperbaiki sistem kamera penyelam dan mengembangkan perangkat lunak untuk memungkinkan produksi yang cepat dari peta dengan mengotomatisasi pengolahan data.


 

Copyright © Kumpulan Berita Unik Di Dunia Powered by Blogger